WISATA ALAM BARUTTUNG

7:20 PM
WISATA ALAM BARUTTUNG

Melihat perkembangan dunia travelin di indonesia saat ini, baik usia muda dan dewasa pun saat ini cenderung ke arah trip gituu atau mempunyi inisiatif ingin tahu tentang keindahan alam disuatu tempat tempat tertentu, rasa ingin tahu bahwa Allah SWT menciptakan berbagai dimensi keindahan Alamnya baik di gunung, pulau dan daratannya.


Saya pribadi ingin merekomendasikan dan ingin mempopulerkan suatu tempat wisata yang suasana alamnya yang berada di kabupaten pangkep.

Baruttung dalam bahasa bugis  berarti  suaran gemuruh dan riuh ,  setiap desa yang berlokasi di area  perbukitan dan kaki gunung, banyak terdapat sungai dan  air terjun ini, jadi jangan heran jika nanti ke pangkep banyak menemui lokasi aliran sungai dengan tebing dinding dan air terjun dengan satu nama yakni “ baruttung”

Selain memiliki   ratusan gugusan pulau spermonde yang eksotis , kabupaten pangkajene dan kepulauan atau pangkep , juga banyak terdapat  hamparan landscape nan eksotis , mulai dari sawah terrace hingga aliran  sungai yang dan air terjun bertingkat yang oleh masyarakat sekitar

Air terjun baruttung, tidak kalah indahnya dengan potensi wisata lainnya, hanya saja memang untuk mencapai tidak begitu mudah. Berjarak sekitar 30 km dari kota Pangkep, Air terjun Baruttung berada di Kecamatan Tondong Tallasa, sebuah kecamatan baru hasil pemekaran, tepatnya di deerah Paranglombasan Desa. Bantimurung.

Seperti halnya baruttung di desa bantimurung kecamatan tonddong tallasa , kabupaten pangkep ini , begitu banyak menyimpan pesona keindahan alam nan eksotis , hanya saja karena kendala akses , serta debu yang dihasillkan oleh polusi tambang silika dan pabrik semen , sehingga selama ini taman surga  kurang terkenal dan terkesan  terabaikan.

Karena berada di daerah pegunungan maka perjalan dari kota Pangkep menuju air terjun Baruttung juga menawarkan pemandangan yang indah serta perjalanan yang mengasyikkan karena melewati jalan berkelok. Tips penting buat Anda yang ingin menuju Baruttung tentu perlu memperhatikan kondisi kendaraan terutama sistem rem berfungsi dengan baik.

Air terjun Baruttung terletak tidak jauh dari jalan poros Tondong Tallasa, jaraknya hanya kira-kira 100-150 meter. Objek wisata Baruttung adalah berupa air terjun yang mengaliri sungai. Batu-batuan sungai yang terukir dari aliran air menambah keindahan air terjun baruttung.

Hampir sebagian besar pengunjung Air Terjun Baruttung di dominasi oleh remaja, karena objek wisata ini memang belum sepenuhnya dikembangkan. Itulah sebabnya Anda bisa menikmati berbagai keindahan alam secara gratis.

Berenang dan Mandi : Berenang tentu aktivitas penting yang tidak bisa Anda lewatkan di Baruttung. Merasakan sejuknya air dari air terjun pengunungan adalah hal menarik yang tak mungkin ingin Anda lewatkan begitu saja.

Fotografi : Baruttung menawarkan banyak objek-objek foto yang menarik seperti hewan-hewan kecil yang masih banyak berkeliaran.

Memancing : Ada juga bisa memancing di bagian sungai yang lebih dalam. Beberapa ikan yang ada disana seperti ikan mas dan ikan bolu jawa serta ikan pai’pai. Dari beberapa keterangan, ikan tersebut sengaja ditebar untuk keperluan wisata.

Rekreasi keluarga : Anda bisa membawa bekal dan menikmati bersama teman-teman atau keluarga di suasana pegunungan yang sejuk.


Karena masih objek wisata yang alami, pastikan Anda menjaga keselamatan diri terutama anggota keluarga yang masih kecil, karena belum ada petugas khusus yang bertugas mengawasi pengunjung.
Sebaiknya berangkat lebih pagi jika ingin mendapatkan suasana yang lebih segar, mengingat perjalanan kurang lebih 1 jam dari ibukota pangkep.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

like this yahh