AIR TERJUN LAMASUA

7:25 AM 2

Libur di akhir desember pada hari rabu 26 desember 2017 bertepatan cuti bersama peringatan hari natal, tepat hari itu ada ajakan dari salah satu anggota komonitas AKSI(akkarena souventure indonesia) kominitas ini bagi saya luar biasa.. (luar biasa aksinya ) widodo salah satu pendiri AKSI makassar tiap kali agenda trip selalu di posting di medsos, hal menarik para travel untuk mengikuti perjalanan mereka dalam melakukan atau mengunjungi destinasi wisata yang ada di sulawesi selatan.

Kebetulan trip kali ini yang di posting dodo yaitu ke AIR TERJUN LAMASUA , tak mengambil waktu yang lama saya pun, menkonfirmasi untuk ikut kegiatan kali ini, berhubung AIR TERJUN LAMASUA masih membuat saya penasaran, karna beberapa waktu yang lalu atau dua kali gagal ke air terjun ini, yang pertama kesasar atau ketingglan sama leader trus baru" ini gagal kesana dikarenakan masukan dari warga setempat ada air terjun yang lebih dekat dari air terjun lamasua jadi kami menerima saran dari warga setempat.

AIR TERJUN LAMASUA memiliki dua tingkat yang berlokasi di perbatasan PANGKEP-BONE , desa  Bonto Masunggu, Kab. bone untuk menuju ke lokasi harus menempuh perjalanan 40 kilometer dengan menggunakan roda dua, untuk jalur pendakian menuju air terjun ini harus melakukan pendakian selama 30 menit, destinasi wisata ini masih tergolong baru dan jalur juga belum terlalu jelas, disarankan agar mengajak anak"(bolang/bocah petualang) untuk mengantar langsung ke lokasi air terjun lamasua

Disarankan untuk melakukan perjalanan melewati jalur dari via pangkep walaupun lokasi air terjun ini berada di wilayah Kabupaten Bone, karna belum ada jalur dari bone ke tempat ini . .

TAMAN BATU KARST BALOCCI

6:13 AM 0

Taman batu karst yang berlokasi di balloci Kampung Bonto-bonto, Kelurahan Balleangin, Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep, Sulsel, sangat menarik dikunjungi. rute mulai dari perbatasan maros pangkep kita menuju kampung soreang kurang lebih 7 km jika dari  perbatasan batas kota tersebut.

Trus melanjutkan perjalanan menuju balocci dengan jarak tempuh kurag lebih 20 km dari soreang,
jika melihat mesjid taqwa yang berada sisi kanan jalan, kita belok kanan searah dengan mesjid tersebut.dari mesjid tersebut kita lanjutkan perjalaan kurang lebih 100 meter untuk sampe ke lokasi taman batu dari sepanjang jalan kita di suguhkan pemandangan hamparan sawah dan kesejukan di kaki gunung membuat perjalanan tidak terasa melelahkan.

Kita harus memarkirkan kendaraan di sisi jalan, dan melanjutkan dengan jalan kaki kurang lebih 30 meter untuk sampai ke taman batu tersebut, Ini rekomendasi banget bagi para penyuka traveling .juga bisa semalaman hingga sepuasnya karena suasananya tenang dan sejuk dan juga bisa di jadikan lokasi camp.

PESONA PANTAI BULUKUMBA

8:17 AM 0

Pesona Pantai Bulukumba,
Perjalanan di mulai dari maros, untuk sampai ke kabupaten Bulukumba alangkah baiknya jika sepanjang perjalanan kita wajib singgah tuk melahkukan kewajiban sebagai umat muslim, dalam perjalanan ini kita melalui beberapa kabupaten untuk sampai ke kabupaten bulukumba. Yang pertama kita lalui itu kabupaten maros, lalu menuju kota makassar  jarak antara kabupaten maros ken kota makassar berkisar 33.9 km, biasa di tempuh dengan waktu 40 menit, dari kota makassar kita lanjut perjalanan menuju kabupaten gowa. Kabupaten ini memiliki pahlawan nasional dengan julukan ayam jantang dari timur, ia SULTAN HASANUDDIN.

Malanjutkan perjalanan menuju kabupaten takalar dari takalar kita menuju kabupaten jeneponto, Jeneponto ini terkenal dengan penghasil garam, sebagian masyarakatnya bermata pencarian petani garam. Jeneponto merupakan salah satu sentra penghasil garam terbesar di Indonesia, dengan luas area tambak garam aktif kurang lebih 600an hektar.  Melewati hamparan tambak garam kita melanjutkan perjalanan menuju ke kabupaten bantaeng, kabupaten yang tujuh kali menerima piala adaipura dengan kabupaten terbersih dan tatanan kota yang teratur.

Sampailah pada kabupaten bulukumba, kabupaten yang paling banyak wisatawan yang berkunjung untuk melihat keindahan pantai . Bulukumba merupakan destinasi yang paling cocok bagi para pecinta laut. Pasir putih yang lembut, air laut yang jernih dan bersih bikin betah. Pantai merupakan wisata favorit bagi semua kalangan dan sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin berlibur bersama keluarga, Sahabat ataupun Rekan Kantor, Berwisata di Pantai juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan Menyenangkan.
Ada 12 wisata pantai yang wajib dikunjungi di kabupaten bulukumba ini.

1.    Tanjung bira yang berlokasi Desa Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

2.    Pantai Apparalang Lokasi: Desa Ara, Bontobahari, Kabupaten Bulukumba

3.    Pulau Kambing Lokasi: Desa Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

4.    Pantai Samboang Lokasi: Desa Ekatiro, Bontotiro, Kabupaten Bulukumba

5.    Pantai Kasuso Lokasi: Desa Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

6.    Pantai Merpati bulukumba Lokasi: Desa Bentengnge, Ujung Bulu, Kabupaten Bulukumba

7.    Pantai Marumasa Lokasi: Desa Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

8.    Pantai Kaluku Lokasi: Jl. Bontobahari, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

9.   Pantai Pangala Lokasi: Kawasan Wisata Pantai Pasir Putih Tanjung, Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

1.   Pantai Pulau Liukanglu Lokasi: Desa Bira, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

1.   Patai Pusahelu Lokasi: Desa Darubiah, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba

1.   Pantai lemo-lemo Lokasi: Tanah Lemo, Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba.

AWAN BIRU DIBUMI UNIVERSITAS MUSLIM MAROS

11:01 PM 0

Oleh: Sarnawiah Saing

Matahari dan rembulanku
Dibalik awan biru aku tanyakan
langkahmu yang tertatih-tatih itu
pada onggok batu merah yang
menopang kehidupan
Harapmu bagai tangan yang
tersisa di parkiran bis malam yang
sebentar mengantarmu di
kehidupan besar
Awan Buru
Aku tau badik yang pamor
pengasihmu itu
bertuah
pemberian kakekmu
Ia menyelipkan di ayunanmu
hingga kelak kamu dewasa
Awan Biru
Tempat kamu berjalan jongkok,
menagis, tertawa dan terhempas di
kegelapan malam
saat kau temukan surat putus dari pacarmu
yang di selipkan di ketiak pintu kosmu
Awan biru
kini kau makin dewasa dan kuat bagai pohon beringin yang di selimuti 1000 pohon berbeda
Perbedaan itu membuat beringin makin kokoh dan besar. Banyak awan biru, hingga larut malam berjejer untuk mendapatkan antrian.
kulit arimu yang tipis, kau memoles tubuhmu menjadi badak yang kuat
Berlari kedepan memproklamirkan idialismemu dan niat jadi pahlawan.
aku mulai tertawa dan bangga melihat evolusi sikismu yang semakin dewasa
Kini
Tuhanmu menitipkan
UNIVERSITAS MUSLIM MAROS
untuk mengasah otakmu, rasamu dan juga cintamu
Kelak bunda melahirkan lelaki perkasa dan dibawakan ganrang sumanga yang di jaga Arung dan Sultan masa lalu
lahirlah ke bumi salewangan dengan
Arung Lolo ri Butta Boddia.

EXPLORE BARRU : BUKIT MADDO, CELEBES CANYON , AIR TERJUN WAESAI

7:02 AM 0

trip yang jadi tujuan kali ini yaitu Kabupaten Barru, karna di barru memiliki banyak destinasi wisata indah di pandang mata. Tepat hari jum’at saya, accul, wawan, pio, donna, ariati, kizwan, emi, landi dan misba. Tepat jam 08.00 kami berangkat dari pangkep menuju ke barru, dengan penuh semangat kami mengendarai sepeda motor, walaupun sebelumnya salah satu teman kami di tilang sama bapak polisi.

BUKIT MADDO
Tuk tempat yang pertama kami kunjungi yaitu BUKIT MADDO , sebuah bukit yang berada didusun Maddo, kec. Tanete Rilau , untuk mendapatkan view yang keren kita harus melakukan pendakian kurang lebih 10-15 menit, bukit Maddo juga bisa dijadikan untuk berkemah(camping) bukit maddo memiliki pemandangan yang sangat indah , tampak sungai yang berkelok-kelik menyerupai huruf S. Setelah puas berfoto kami pun bergegas untuk melanjutkan perjalanan , karna kurang lebih 1 jam waktu sholat jum’at tiba.

CELEBES CANYON
Setelah sholat Jum’at dilaksanakan kami pun melanjutkan trip dengan tujuan yaitu celebes canyon, sebuah wisata alam yang juga masih berlokasi di kab. Barru , di namakan Celebes Canyon karena hampir mirip dengan grand canyon yang berada di US. celebes canyon ini berada di Desa Libureng Kecamatan Tanete Riaja Kab. Barru, Provinsi Sulawesi selatan. Tepatnya berada di aliran sungai ule. Untuk sampe kelokasi kita wajib berjalan di pematang sawah sekitaran 10 menit. Kami pun sampe kelokasi ,yah biasalah kami pun berfoto ria dan sembari menikmati keindahan ini.

AIR TERJUN WAESAI

Destinasi terakhir untuk trip kali ini yaitu Air Terjun Waesai, air terjun waesai terletak dikelurahan Lamporiaja , Kec.Tanete Riaja. Untuk bisa sampe ke air terjun tersebut ,harus melakukan pendakian kecil dan jalan yang sedikit menurung,air terjun waesai ini berasal dari sungai waruwue yang terletak diatas dusun Waesai.air terjun ini memiliki potensi debit air yang cukup besar dan tidak pernah kering walaupun musim kemarau. Kami pun tak lupa mengabadikan momen ini tuk menambah spot foto di wall instagram. Tepat jam 17.00 kami pun bergegas pulang karna uda mulai malam dan juga badan terasa dengan perjalanan seharian, inilah trip kami

PESONA KALIBBONG ALOA

5:07 AM 0

Kabupaten Pangkep salah satu tujuan destinasi wisata, yang wajib dikunjungi bagi yang suka traveling,salah satunya Goa Kalibbong Aloa yang berada di Kampung Belae,Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatene. Begitulah orang lokal menyebut nama Gua ini. Kenapa masyarakat lokal menyebutnya Demikian…? Karena di atas mulut Gua ini terdapat satu lubang kecil yang sering di tempati bersarang oleh Burung Alo (Burung Ranggong/Rangkong) Sedangkan Kalibbong=Lubang atau Gua.

Untuk mengunjungi tempat tersebut wajib melapor ke pengelolah Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung untuk meminta prsetujuan apa diperbolehkan tuk mengunjungi goa kalibbong aloa tersebut, untuk tarif yang patok oleh pengelolah tersebut yaitu berkisar Rp.7000 sampe Rp. 10000.

Ada pun yang harus dipersiapkan untuk sampe kemulut goa, stamina yang prima untuk menanjak tebing yang kisaran 90 derajat. Alangkah baiknya mebawah peralatan untuk memaksimalkan penanjakan.

Yang wajib dilakukan jika mengunjungi kalibbong aloa Jangan mengambil apapun selain gambar, Jangan meninggalkan apapun selain meninggalkan jejak kaki Jangan membunuh apapun kecuali waktu. Untuk masuk kedalam goa Kalibbong aloa alangkah baikya membawah penerangan, dan batasan masuk ke goa tersebuk dibatasi sepuluh orang ditakutkan terjadi pergeseran dalam goa,

Goa kalibbong aloa memiliki panjang kisaran 1 km, dan luas 300-400 meter.dalam goa menyajikan beberapa ornamen yang terjadi secara sendirinya Di dalam gua, Anda dapat melihat batu mirip orang sedang berdoa dan ada juga mirip tempat duduk pengantin.

HUTAN PINUS LEMBANNA DAN AIR TERJUN LEMBANNA

11:36 PM 0
Jauh sebelumnya kami merencanakan tuk menikmati camp di hutan pinus lembanna, karna kita liat ada tanggal merah di hari senin.jadi kami merencanakan habis pulang kuliah hari minggu tepatnya jam 16.00 kita melakukan perjalanan, sebelum melakukan perjalanan kami atau biasa disebut IKUT-IKUT ASIK mempersiapkan perlengkapan tuk di bawah ke lembanna kami mempersiapkannya dirumahnya budi, tak lupa menyuruh salah satu teman tuk mengisi tabung gas buat di pake masak selama di lembanna.

perlengkapan dah siap kami pun melanjutkan perjalanan, kami telusuri jalan poros kariango tuk potong kompas menuju malino, jangan harap melakukan potong kompas menemukan jalan bagus,, tidak demikian kami menemui beberapa jalan yang lumayan rusak sering kali motor salah satu teman mengalami gangguan karna dia mengendarai biasa disebut besi tua, yah,,, itu vespa andalan teman saya, motor itu setia menemani selama perjalanan menuju malino, walaupun sering kali mengalami gangguan pada motornya,, tetapi rasa kuwatir dikalahkan oleh semangat tuk menikmati camp di lambanna.

untuk mencapai lembanna yang lebih sering dikenal menjadi lokasi pendakian di anak kaki gunung bawakaraeng kita harus berbelok kekanan , jalur nanjak dan menurung, karna kami melakukan perjalanan uda malam kita pun tak dapat menikmati keindahan pemandangan bukit. mungkin kita akan nikmati pemandangan bukit yang beberapa kebun stoberry dan sayur-sayuran saat perjalan pulang nantinya.

karna kami semua baru pertama kali kelambanna untuk sampai ke lokasi yang ingin kita datangi, kami harus beberapa kali bertanya ke warga setempat tuk menanyakan jalur menuju hutan pinus lambanna. kami pun sampai kurang lebihan jam 22.00. di rumah warga disini kami liat beberapa rumah warga dijadikan tempat parkir bagi para pecinta alam yang mau ke puncak bawakaraeng, lembah ramma dan juga ke hutan pinus lembanna. kami pun memarkirkan motor kami disalah satu rumah warga.

kebetulan ada beberapa pecinta alam yang mau ke hutan pinus lembanna, jadi kami meminta tolong tuk bersama-sama menuju lokasi, biasa lah IKUT-IKUT ASIK. sesampai di lokasi kami pun segera memasang tenda tuk di pakai istirahat mempersiapkan perlengkapan masak karna perut kami uda mulai mencari kebiasaanya,, uda mulai lapar,, jangan kwatir jika tak bawah bekal ada beberapa penjual yang menawarkan kebutuhan selama camp disana.

suasan dingin pun menyelimuti kami,asik suasana seperti ini jika di nikmati teguhan kopi panas,, dan bercengrama menceritakan kejadian-kejadian selama perjalanan menuju kesini,walaupun dah larut malam masih ada beberapa komunitas pecinta alam yang berdatangan ke tempat ini mungkin ini tempat tujuan alternatif camp selama liburan..

walaupun pagi merupakan saat dimana kita bermalas-malasan kita tetap harus semangat dan membangun konsistensi yang tinggi untuk menyambut hidup baru , patut kita syukuri kita masih diberikan nafas kehidupan oleh Sang Pencipta. dan menikmati sejuknya suasana di lembanna tak lupa yah mengabadikan momen tersebut sambil berfoto-foto ria buat di tambahin spot foto di instagram. he

Jam 10.30 kami pun membereskan perlengkapan karna kita sepakat tuk menuju air terjun lembanna yang tidak jauh dari tempat camp,jangan lupa sampahya yah di bereskan jangan biarkan sampah mu merusak keindahan alam.. hehehe , semua perlengkapan pun dah beres saatnya melanjutkan perjalanan menuju air terjun lembanna. Air terjun tersebut diberi nama air terjun Lembanna oleh penduduk yang menemukan karena letaknya masih dalam lingkungan desa Lembanna. Air terjun ini sering dijadikan tempat beristirahat atau membersihkan tubuh oleh para pendaki setelah melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng atau Lembah Ramma.

Air terjun Lembanna diapit oleh dua bukit yang tergolong tinggi dimana dua bukit tersebut dimanfaatkan oleh penduduk desa sebagai lahan untuk bercocok tanam. Jadi jangan heran jika kita melihat ke arah sisi kiri dan kanan air terjun banyak terdapat kebun sayur-mayur yang hijau milik penduduk. Pemandangan seperti itulah yang membuat para pengunjung tidak akan pernah bosan ketika mendatangi air terjun Lembanna. kami pun puas bermain air yang derasnya turunan air terjun tersebut.. kami pun bergegas melanjutkan perjalanan pulang...

KONSEP DASAR MODAL DALAM PASAR MODAL

10:29 PM 0

KATA PENGANTAR

Dalam kesempatan ini, kami selaku penyusun makalah hendak mengajak pembaca untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah swt. Karena atas limpahan rahmat, karunia, inayah serta hidayahnya sehingga makalah dengan judul “Konsep Dasar Modal dalam Pasar Modal” ini dapat tersusun dengan baik dalam waktu yang telah ditentukan.
            Semoga dengan adanya makalah ini dapat membantu para pembaca dalam memahami apa itu sebenarnya konsep dasar modal dalam pasar modal, serta kaitannya dengan dunia islam. Sebagai agama yang rahmatan lil alamin.
            Kami berterima kasih atas segenap pihak dan media yang membantu penyusunan makalah ini, dan kami berharap adanya kritik serta saran yang membangun dan memotivasi penyusun kelak. Amin

Terima Kasih
Assalamu Alaikum Warahmarullahi Wabarakatuh

Maros, 08 Oktober 2016
Daftar  Isi
Kata pengantar........................................................................................ ................. 2
Daftar isi.................................................................................................. ................. 3
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ...........................................................................  ................. 4
B.     Rumusan Masalah....................................................................... ................. 4
C.     Tujuan .........................................................................................  ................. 5
BAB  II PEMBAHASAN
A.    Konsep Modal............................................................................. ................. 6
B.     Jenis Modal................................................................................. ................. 7
C.     Peranan Modal............................................................................ ................. 8
D.    Sumber dana dalam pasar modal................................................. ................. 10
E.     Pasar Modal................................................................................. .................. 10
-          Pengertian pasar modal......................................................... ................. 10
-          Struktur pasar modal............................................................. ................. 11
-          Tujuan pasar modal ..............................................................  ................. 12

BAB III : PENUTUP
A.    Kesimpulan.................................................................................. ................. 14
Daftar pustaka ............................................................................  ................. 15

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Perkembangan konsep bisnis saat ini mampu menjadi dasar pengendalian perekonomian di suatu negara. Perekonomian yang menjadi motor utama penggerak terciptanya banyak lapangan pekerjaan adalah dari industri manufaktur.  Perusahaan yang sedang beroperasi atau dalam masa perkembangan tentunya membutuhkan modal yang besar untuk mengembangkan bidang usaha yang dijalankan. Maka dari itu, perusahaan yang sudah go publik berhak menerima modal dari para penanam saham.
Dewasa ini pasar modal sebagai tempat bertemunya penjual dan pembeli saham sangat berperan aktif dalam memenuhi kebutuhan perusahaan yang sedang memerlukan dana. Dengan penerapan nilai nilai islami dan Indonesia merupakan negara penganut agama islam yang mayoritas, maka lahirlah istilah pasar modal syariah. Sama halnya di bidang perbankan, pasar modal syariah menerapkan prinsip prinsip syariah yang menitik beratkan pada transaksi yang tidak mengandung unsur riba, perjudian, spekulasi dan lain-lain.

B.     Rumusan Masalah
Adapun masalah yang akan dikemukakan adalah :
-          Bagaimana konsep modal dalam pasar modal
-          Apa apa saja yang termasuk Jenis Modal
-          Apa peranan Modal
-          Dan Apa itu pasar modal

C.    Tujuan penulisan
Makalah ini bertujuan untuk :
-          Mengetahui bagaimana konsep modal dalam pasar modal
-          Mengetahui Jenis Jenis Modal
-          Mengetahui Peranan modal
-          Mengetahui apa itu pasar modal

BAB II
PEMBAHASAN

A.     KONSEP MODAL (CAPITAL)
1.      Modal Menurut Ilmu Ekonomi
Menurut Prawirosentono (2002 dalam Neti, 2009) modal merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang dapat menghasilkan keuntungan pada waktu yang akan datang dan dinyatakan dalam nilai uang. Modal dalam bentuk uang pada suatu usaha mengalami perubahan bentuk sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan usaha, yakni: (1) sebagian dibelikan tanah dan bangunan; (2) sebagian dibelikan persediaan bahan; (3) sebagian dibelikan mesin dan peralatan; dan (4) sebagian lagi disimpan dalam bentuk uang tunai.

Modal menurut bentuknya dapat pula diartikan sebagai berikut :
o   Modal dalam bentuk uang diperlukan untuk membiayai segala keperluan usaha; seperti biaya prainvestasi, pengurusan izin, biaya investasi untuk pembelian aktiva tetap sampai modal kerja.
o   Modal dalam bentuk keahlian adalah kemampuan seseorang / perusahaan dalam mengelolah dan menjalankan usahanya.

2.      Modal menurut ilmu ekonomi syari’ah

Modal (Capital) adalah segala sesuatu yang diproduksi atau diadakan pada sistim ekonomi yang digunakan sebagai input dalam kegiatan produksi dan distribusi dari produk (mal) dan jasa (amal) di masa mendatang.

B.     Jenis Modal
Modal dibagi menjadi beberapa jenis yaitu modal manusia (human capital), modal struktural (structural capital), dan modal relational (relational capital).
1.      Modal Manusia (Human Capital)
      Nilai para karyawan ditentukan dari kemampuannya dalam mengaplikasikan keterampilan dan keahlian mereka [1] . Modal insani adalah gabungan kapabilitas insani di suatu organisasi untuk memecahkan permasalahan bisnis. Modal insani bersifat melekat pada diri manusia dan tidak bisa dikatakan menjadi milik organisasi. Artinya, modal insani bisa turut pergi meninggalkan organisasi ketika orang-orangnya pergi. Modal insani juga meliputi seberapa efektif suatu organisasi menggunakan sumber daya insaninya sebagai dalam ukuran semisal kreativitas dan inovasi.
2.      Modal Struktural (Structural Capital)
Yang dimaksud dengan modal struktural adalah Infrastruktur pendukung, proses dan basis data organisasi yang memungkinan modal insani dalam menjalankan fungsinya. Modal struktural juga meliputi perihal seperti gedung, perangkat keras, perangkat lunak, proses, paten, dan hak cipta. Tidak hanya itu, modal struktural juga meliputi perihal seperti citra organisasi, sistem informasi, dan hak milik basis data. Karena keberagamannya ini, maka modal struktural bisa diklasifikasikan lebih jauh lagi menjadi modal inovasi, proses, dan organisasi.
3.      Modal Relasional (Relational Capital)
Yakni modal yang terdiri dari perihal yang bisa dengan jelas teridentifikasi seperti hak cipta, perizinan, waralaba, namun juga bisa meliputi perihal yang tidak tampak konkret seperti interaksi dengan pelanggan dan hubungan antar manusia.

C.    Peranan Modal
a. Peranan Modal
Pasar modal sadalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek .
Peran modal :
·         Memperbolehkan adanya partisipasi secara penuh terhadap kekayaan perusahaan bagi investor .
·         Memungkinkan pemegang saham dan surat hutang untuk memperoleh likuiditas dengan menjual saham atau obligasi perusahaan ke pasar modal
·         Memperbolehkan perusahaan meningkatkan dana eksternal dalam rangka ekspansi aktivitas perusahaan.
·         Sebagai suatu piranti untuk melakukan alokasi sumber daya ekonomi secara optimal
·         Sumber daya ekonomi yang ada melalui pasar modal dialokasikan sedemikian rupa sehingga kedudukan berubah yaitu dari titik Pareto Inefficiency menjadi ke titik Pareto Efficiency. Ini dapat terjadi apabila informasi yang tersedia di pasar modal cepat, tepat, dan akurat
·         Pasar modal menunjukkan dorongan positif pada sektor riil atau output meskipun masih kecil dan menjadi penyumbang paling sedikit terhadap inflasi.

b. Produktivitas Modal (Faktor Produksi) berubah = waktu

Produktivitas Modal merupakan istilah dalam kegiatan produksi sebagai perbandingan antara luaran (output) dengan masukan (input). Menurut Herjanto, produktivitas merupakan suatu ukuran yang menyatakan bagaimana baiknya sumber daya diatur dan dimanfaatkan untuk mencapai hasil yang optimal.
 Modal  merupakan  asset yang  digunakan  untuk  distribusi  asset  yang berikutnya. Modal dapat memberikan  kepuasan pribadi dan membantu untuk menghasilkan kekayaan yang lebih banyak.

b. Pentingnya  modal  dalam  kehidupan  manusia
Pentingnya modal dalam kehidupan manusia ditunjukkan  dalam  Al  Qur’an surat Ali Imran ayat  14 yang artinya :
“Dijadikan  indah  pada  (pandangan)manusia kecintaan  kepada  apa – apa yang diingini, yaitu  :  wanita - wanita,  anak – anak harta yang banyak dari jenis emas, perak,  kuda pilihan, binatang -binatang  ternak dan  sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia dan di sisi Allahlah tempat kembali yang baik (syurga).”
Kata mataa’u  berarti modal berupa emas dan perak, kuda yang bagus dan ternak (termasuk  bentuk  modal yang  lain).  Kata  zainu  menunjukkan  kepentingan modal bagi kehidupan manusia.

Sedangkan Rasulullah menekankan kepentingan modal dalam sabdanya :
“Tidak  boleh  iri  kecuali  kepada  dua  perkara  yaitu  : orang  yang  hartanya  digunak-an untuk  jalan  kebenaran dan  orang  yang  ilmu pengetahuan diamalkan kepada orang lain. ”Dari  hadits  tersebut  diketahui   bahwa mencari  ilmu  sama  pentingnya  dengan mencari harta.
Waktu adalah salah satu faktor produksi, dilihat dari Nilai guna berdasarkan waktu. Pada musim kemarau, jas hujan nilai gunanya rendah karena orang tidak akan menggunakan jas tersebut. Namun, ketika musim hujan tiba, jas hujan nilainya menjadi lebih tinggi karena orang akan memerlukan jas tersebut. Dengan demikian, jas hujan memiliki niali guna yang tinggi dipengaruhi oleh waktu.

D.    Sumber Dana Pasar Modal
Sumber Dana Pasar Modal berasal dari perusahaan-perusahaan atau individu masyarakat yang mempunyai kelebihan dananya. Dana tersebut diinvestasikan melalui pembelian instrumen pasar modal yang berupa saham atau obligasi. Keuntungan saham berupa deviden dan capital gain, sedangkan keuntungan obligasi berupa bunga.

E. PASAR MODAL

1. Pengertian Pasar modal
Dalam arti sempit pengertian pasar merupakan tempat para penjual dan pembeli bertemu untuk melakukan transaksi. Artinya pembeli dan penjual langsung bertemu untuk melakukan transaksi dalam suatu lokasi tertentu. Lokasi atau tempat pertemuan tersebut disebut pasar. Namun dalam arti luas pengertian pasar merupakan tempat melakukan transaksi antara pembeli dan penjual, dimana pembeli dan penjual tidak harus bertemu dalam suatu tempat atau bertemu langsung, akan tetapi dapat dilakukan melalui sarana informasi yang ada seperti sarana elektronika.
Pengertian pasar modal secara umum merupakan suatu tempat bertemunya para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi dalam rangka memperoleh modal. Penjual (emiten) dalam pasar modal merupakan perusahaan yang membutuhkan modal, sehingga mereka berusaha untuk menjual efek di pasar modal. Sedangkan pembeli (investor) adalah pihak yang ingin membeli modal diperusahaan yang menurut mereka menguntungkan. Pasar modal dikenal dengan nama bursa efek, dan di Indonesia dewasa ini ada dua buah bursa efek yaitu Bursa Fek Jakarta (BEJ) dan Bursa Efek Surabaya (BES).

Berikut ini adalah hal-hal yang harus ada di pasar modal agar sesuai dengan nilai-nilai Islam.
Pertama, Perusahaan-perusahaan yang listing di Bursa Efek haruslah perusahaan yang memproduksi barang-barang yang halal.
Kedua, Penentuan harga saham yang diperdagangkan harus sesuai nilai aset yang ada diperusahaan, atau dengan kata lain harga terjadi bukan karena ekspektasi investor melainkan dari internal perusahaan.
Ketiga, Adanya akad dalam penanaman modal dari berbagai pihak yang terlibat dalam transaksi.
Keempat, Niat para pelaku di pasar modal harus benar-benar ingin menyalurkan dananya untuk hal-hal yang produktif yaitu digunakan perusahaan-perusahaan untuk meningkatkan produktifitasnya.

Pasar modal (Capital Market) secara umum adalah suatu sistem keuangan yang terorganisasi, termasuk didalamnya adalah bank-bank komersial dan semua lembaga perantara dibidang keuangan, serta keseluruhan surat-surat berharga yang beredar. Dalam arti sempit, pasar modal adalah suatu pasar (tempat, berupa gedung) yang disiapkan guna memperdagangkan saham-saham, obligasi-obligasi, dan jenis surat berharga lainnya dengan memakai jasa para perantara pedagang efek (Sunariyah, 2000 : 4).

Dilihat dari pengertian akan pasar modal diatas, maka jelaslah bahwa pasar modal juga merupakan salah satu cara bagi perusahaan dalam mencari dana dengan menjual hak kepemilikkan perusahaan kepada masyarakat. Sehingga pasar modal sebagai  alternatif pendanaan bagi perusahaan meskipun Perbankan telah berfungsi dengan baik, jadi pasar modal lebih kepada fungsi melengkapi aktifitas lembaga keuangan. Dimana pasar modal berfungsi dalam menghubungkan kepentingan pemilik modal (investor) dengan peminjam dana (emiten) (Usman Marzuki : 1989, disadur, Anoraga Pandji : 248, 2000).
Umumnya pasar modal terbagi atas tiga segmen utama dan setiap segmen mempunyai karakteristik khusus seperti pasar modal kredit hipotek lazimnya untuk pembangunan perumahan, perkantoran, pabrik dan bangunan lainnya, pasar modal untuk obligasi pemerintah ( pusat / daerah ), pasar modal untuk sektor ekonomi terbagi lagi dalam sub kategori perusahaan agribisnis, industri dan perusahaan jasa. Sedangkan untuk segmen internasional seperti Eurobonds dan Euronotes adalah untuk pemenuhan tiga segmen disebutkan dalam kategori aliran modal internasional dimana pada saat ini yang paling terkenal adalah sub segmen saham korporasi yang diedarkan oleh bursa New York Stock Exchange ( NYSE ) atau oleh Tokyo Stock Exchange dan bursa lainnya.

Pada intinya, tujuan dari pasar modal itu adalahMemfasilitasi perdagangan atas klaim terhadap bisnis perusahaan – pasar modal dapat memberikan dampak yang signifikan terhadapinvestasi karena 2 alasan:

·         Hal ini tidak bermanfaat dalam menaikkan perusahaan baru, jika perusahaan sejenis dpt memperolehi dengan membeli saham di pasar modal.

·         Mungkin akan bermanfaat untuk membuat perusahaan baru bukan karena perusahaan teresbut menawarkan keuntungan ekonomis jangka panjang tapi karena perusahaan dapat memberikan keuntungan dalam waktu dekat dengan mendaftarkan perusahaan dalam pasar modal dan menjual surat berharga.

BAB III
PENUTUP

A. KESIMPULAN
modal merupakan kekayaan yang dimiliki perusahaan yang dapat menghasilkan keuntungan pada waktu yang akan datang dan dinyatakan dalam nilai uang. Modal dalam bentuk uang pada suatu usaha mengalami perubahan bentuk sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai tujuan usaha, yakni: (1) sebagian dibelikan tanah dan bangunan; (2) sebagian dibelikan persediaan bahan; (3) sebagian dibelikan mesin dan peralatan; dan (4) sebagian lagi disimpan dalam bentuk uang tunai.  Peranan modal berupa :

DAFTAR PUSTAKA

o   https://id.wikipedia.org/wiki/Modal_intelektual
o   http://sudiantaraiwayan.blogspot.co.id/2012/06/sumber-dana-dan-jenis-produk-pasar.html